Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Terbaru Isi Tips Membuat Surat Tugas Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut
Surat tugas merupakan salah satu surat resmi yang dibuat untuk tujuan tertentu. Surat resmi sendiri merupakan surat yang dikirimkan kantor pemerintah atau swasta kepada kantor pemerintah atau dikirimkan oleh perseorangan kepada kantor pemerintah ataupun sebaliknya. Dan surat tugas adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi atau pihak yang memiliki wewenang lebih tinggi dan ditujukan kepada pihak bawahan untuk melaksanakan suatu tugas tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan tentu saja.
Mengenai fungsinya, surat tugas dibutuhkan agar orang yang mendapatkan tugas memperoleh pengesahan secara formal terhadap tugas yang harus dilakukan atau dilaksanakan. Surat tugas juga berguna untuk instansi yang dituju untuk memperlancar tugas pegawai atau pejabat yang berhubungan dengan lembaga atau instansi yang berkaitan dengan tugasnya. Dengan kata lain surat ini menjadi salah satu alat untuk memudahkan pegawai yang diutus selama melaksanakan tugasnya.
Untuk membuat surat tugas anda perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah bagian surat. Berikut adalah beberapa hal yang terdapat di bagian surat :
- Kepala Surat
- Tulian "SURAT TUGAS"
- Nomor surat tugas
- Isi surat tugas
- Identitas pejabat atau atasan
- Identitas pegawai atau pejabat yang diberi tugas
Kemudian, hendaknya materi tugas yang diberikan kepada yang bersangkutan dirumuskan secara singkat, padat dan jelas. Ketegasan juga diperlukan disini. Selain itu juga isi surat yang anda buat hendaknya memuat tugas yang diberikan, pertanggung jawaban, dan jangka waktu pelayanan tugas. hal tersebut sebaiknya disampaikan dengan terperinci.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh surat tugas.
PT HIJAU LESTARI
Jalan Prof. Dr. Satrio Blok A3/5 No. 54 Jakarta
Tlp. (021) 89657235 Fax. (021) 879632158 E-mail : hijaulestari54@gmail.com
SURAT TUGAS
No. 256/tgs-BMI/V/17
Direktur PT HIJAU LESTARI – JAKARTA, dengan ini memberikan tugas kepada:
Nama : Kalina Erika Putri
Jabatan : Kepala bagian HRD
Alamat : Jl. Rambutan No. 19 Jakarta Selatan
Untuk mengikuti seminar “PENINGKATAN KUALITAS KERJA KARYAWAN”, pada :
Hari : Senin-Selasa/22-23 Mei 2017
Tempat : Hotel Mercure Bandung Setiabudi - Bandung
Demikian surat tugas ini dibuat untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mengenai akomodasi akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan. Segala bantuan dan kerjasama yang diberikan sangat kami hargai.
Jakarta, 19 Mei 2017
Arya Satya, S.H
DirekturDemikianlah ulasan kami mengenai tips membuat surat tugas yang baik yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan kami yang berikutnya.
Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Tips Membuat Surat Tugas Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar