Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Terbaru Isi Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Terbaru Isi Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut


Terbaru Isi Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya
Tak hanya saat melamar pekerjaan saja dibutuhkan tata cara dan prosedur yang benar, namun saat mengajukan pengunduran diri pun demikian. Cara yang paling tepat ketika berencana mengajukan pengunduran diri adalah dengan memberikan surat pengunduran diri. Namun dalam penulisan surat ini tentu saja anda harus memperhatikan banyak hal. Ini tentu saja bertujuan agar anda tetap meninggalkan kesan yang baik selama bekerja di tempat tersebut.

Memang banyak alasan yang mungkin bisa menjadi penyebab anda mengambil keputusan untuk mengundurkan diri. Mungkin saja karena ingin mencari suasana baru, ingin mencoba peruntungan di tempat lain, jenuh dengan suasana kantor yang begitu saja setiap hari, atau karena beberapa alasan lainnya.

Dalam menulis surat pengunduran diri sebenarnya sama halnya ketika anda menulis surat lamaran pekerjaan. Bahasa yang baik dan benar serta kata-kata yang sopan harus anda gunakan. Sebab dengan bahasa yang sopan maka seperti yang sudah dikatakan tadi akan menimbulkan kesan yang baik pada diri anda.

Dan dibawah ini merupakan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan ketika
menulis surat pengunduran diri. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Dalam penulisan surat pengunduran diri, hendaknya ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Usahakan pula anda menggunakan bahasa yang sopan dan tak menyinggung siapa pun. Jelaskan apa alasan pengunduran diri anda dengan bahasa yang baik. Namun hendaknya mengutarakannya tanpa menjelek-jelekan perusahaan tersebut. Akan lebih baik jika anda tetap menyanjung perusahaan tempat anda bekerja tersebut.

2. Yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih anda karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Utarakan pula rasa bangga anda dan pujian terhadap perusahaan dan rekan kerja serta semua pimpinan anda.

3. Meskipun anda harus memberikan alasan yang jelas mengenai keputusan anda untuk mengundurkan diri, namun anda tidak perlu menceritakan secara detail mengenai alasan pengunduran diri anda. Maka katakan saja secara garis besarnya saja.

4. Jika perlu berikan sebuah cinderamata untuk perusahaan anda. Jadikan ini sebagai kenang-kenang yang akan memberikan kesan yang baik selama anda bekerja di perusahaan tersebut.

5. Jika ada cobalah berikan saran yang membangun untuk perusahaan tempat anda bekerja tersebut. Namun sampaikan saran tersebut dengan kata yang sopan tanpa menyinggung dan meninggalkan kesan salah paham.

Apabila sudah mengetahui hal apa saja yang harus anda perhatikan ketika akan menuliskan surat pengunduran diri, berikut ini kami sertakan pula contoh surat pengunduran dirinya yang mungkin bisa membantu anda.

Jakarta, 07 Oktober 2016

Kepada
Yth. Manager HRD

PT Maju Indah Makmur
Jl. Bangau 28 Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Ahmad Yani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Maju Indah Makmur sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 07 Oktober 2016.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Maju Indah Makmur, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Maju Indah Makmur jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT Maju Indah Makmur dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.


Hormat saya,
Ahmad Yani

Itulah tips menulis surat pengunduran diri yang baik yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Terbaru Isi Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya

0 komentar:

Posting Komentar