Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Terbaru Isi Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama Lengkap Dengan Ilustrasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Terbaru Isi Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut


Terbaru Isi Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama Lengkap Dengan Ilustrasinya
Di dunia bisnis, kerja sama antar dua belah pihak menjadi salah satu hal yang biasa dilakukan. Karena dengan menjalin kerjasama maka keberhasilan akan lebih mudah untuk diciptakan. Selain itu, dijalinnya kerjasama juga bertujuan untuk meraih kesuksesan cara bersama-sama. Nah untuk dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, maka dibutuhkan adanya penawaran kerja sama.

Hal ini dapat disampaikan dengan mengajukan surat penawaran kerjasama. Bukan hanya ditujukan untuk kerjasama dalam skala besar, namun juga dapat digunakan untuk kerjasama dalam skala sedang. Karena dengan mengajukan surat penawaran kerja sama ini, maka akan terlihat bagaimana profesionalitas yang akan anda lakukan jika anda bekerja sama dengan perusahaan terkait.

Nah dalam menulis surat penawaran kerjasama yang baik dan benar, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Anda harus menunjukkan usaha anda atau perusahaan anda bergerak dibidang apa, bentuk kerjasama yang akan anda tawarkan, serta kompensasi untuk pihak yang akan anda ajak bekerjasama.

Surat penawaran kerjasama sendiri memiliki format yang sedikit berbeda dengan surat-surat lainnya. Berikut ini adalah format dan cara membuat surat penawaran kerjasama.
  1. UP atau Alamat perusahaan yang anda tuju. Anda harus memastikan bahwa alamat perusahaan dan namanya anda tulis dengan benar. Hal ini juga berlaku untuk nama orang yang anda tuju.
  2. Tujuan surat yang anda kirimkan. Apa yang ingin anda lakukan dengan surat tersebut? Ingin kerjasama memasakan produk atau ingin produk anda dipasarkan? Hal ini harus anda paparkan dengan jelas.
  3. Jenis produk atau jasa yang anda punya. Jenis produk atau jasa yang akan anda tawarkan untuk kerjasama juga harus jelas.
  4. Apa yang bisa anda lakukan. Hal ini berlaku apabila anda bertindak sebagai penawar untuk memasarkan produk.
  5. Lampiran. Lampiran ini dapat berupa company profile, kelebihan dan kekurangan produk anda, spesifikasi perusahaan dan produk anda.
Nah kelima hal yang sudah disebutkan diatas harus anda buat dan jelaskan dengan jelas. Akan lebih baik juga jika anda menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan EYD yang baik dan benar. Selain itu juga hendaknya anda memberikan beberapa penawaran yang mungkin akan memikat minat dari perusahaan atau orang yang akan anda ajak kerjasama.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami lampirkan sebuah contoh surat penawaran kerjasama yang baik dan benar.

Kepada Yth,
Pimpinan CV. Indah Berkarya
Jl. Seruling III No. 65 Bandung
Bpk. Bambang Wijatmoko
Di tempat

Hal : Penawaran Kerjasama
Lampiran : Profil CV. Juanda Permai

Dengan hormat,

Kami dari CV. Juanda Permai bermaksud untuk menawarkan kerjasama dengan CV. Indah Berkarya untuk menjadi salah satu distributor dalam produk-produk yang perusahaan anda distribusikan yang berupa :

        Produk Sparepart motor dan mobil.

Kami telah berpengalaman menjadi distributor berbagai produk sejenis yang saat ini ingin menambah jenis produk yang kami pasarkan. Kami memiliki sistem distribusi yang cukup baik sehingga dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan produk anda. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan bagi kita. Dan kami yakin bahwa kami dapat memberikan kinerja yang baik selama menjalin kerjasama dengan CV. Indah Berkarya.

Bentuk mekanisme kerjasamanya kami dapat jelaskan lebih lanjut lagi bila CV. Indah Berkarya tertarik dengan tawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikianlah surat penawaran kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanua kami ucapkan terimakasih.

Nb : Kami sangat menunggu balasan dari Bpk. Yaya pimpinan CV. Indah Berkarya paling lambat 10 hari sesudah surat ini Bapak terima.


                                                                                                            Jakarta, 15 April 2017
                                                                                                          
                                                                                                            Hormat kami,
                                                                                                            CV. Juanda Permai





                                                                                                            Denias Radiguna
                                                                                                            Manager Pemasaran

Itulah ulasan kami mengenai cara membuat surat penawaran kerjasama. Semoga dapat membantu anda dan sampai jumpa di ulasan kami yang berikutnya.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Terbaru Isi Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama Lengkap Dengan Ilustrasinya

0 komentar:

Posting Komentar