Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Akta DOWNLOAD CONTOH BLANGKO ATAU FORM KARTU KELUARGA KK SEMENTARA WORD ATAU DOC Jual Beli Tanah

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Akta DOWNLOAD CONTOH BLANGKO ATAU FORM KARTU KELUARGA KK SEMENTARA WORD ATAU DOC Jual Beli Tanah sebagai berikut


Kartu Keluarga atau KK adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Kartu Keluarga wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya. (wikipedia)
Karena Kartu Keluarga atau KK sangat wajib dimiliki oleh tiap keluarga maka tidak heran jika apapun urusan di Negara Republik Indonesia ini, kita wajib melampirkan fotocopy Kartu Keluarga atau KK ini. Banyak hal yang mewajibkan kita untuk melampirkan fotocopy Kartu Keluarga atau KK misalnya saja untuk membuat atau mengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP), syarat melamar kerja, syarat daftar sekolah atau kuliah, mengajukan kredit/pinjaman di bank, dan masih banyak hal lainnya yang wajib melampirkan Kartu Keluarga (KK).

Namun ada beberapa kejadian yang membuat kita sangat jengkel, karena Kartu Keluarga (KK) kita hilang atau rusak saat kita membutuhkannya. Seperti saat kita akan mengajukan kredit sepeda motor dan pihak finance meminta kita melengkapi data persyaratan salah satunya adalah Kartu Keluarga (KK), nah tidak lucukan kalau pengajuan kredit kita ditolak hanya gara-gara kita tidak bisa melampirkan Kartu Keluarga (KK).

 Ups.... jadi bagaimana dong? Jangan panik dulu, sebab masih ada jalan keluar yang masih bisa kita ambil. Apa saja itu ?

  1. Jika Kartu Keluarga (KK) kita hilang kita dapat mengurusnya kembali dengan mendatangi kantor DUKCAPIL ditempat kita, tapi jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP kepala keluarga dan melampirkan surat kehilangan yang bisa kita dapatkan dari kantor kepolisian setempat.
  2. Namun jika kartu Kartu Keluarga (KK) kita rusak karena sobek atau tertumpah cairan sehingga tidak dapat terbaca lagi maka kita cukup membawa Kartu Keluarga (KK) kita yang rusak tersebut ke kantor DUKCAPIL setempat untuk digantikan dengan yang baru dan pastinya tetap harus membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP kepala keluarga.
  3. Bagaimana jika kita benar-benar belum pernah memiliki Kartu Keluarga (KK) atau kita merupakan pasangan yang baru saja menikah yang belum memiliki Kartu Keluarga (KK)? Jika ini hal yang kamu alami maka kamu harus mengurusnya dari awal yaitu dengan meminta surat pengantar dari Ketua RT, Lurah atau Kades,dan Camat setempat dengan membawa KTP dan Surat/Akta Nikah kepala keluarga. Jangan lupa di fotocopy dulu pastinya. 
  4. Bagaimana jika ada masalah lain yang terkadang kita temui? yaitu keberadaan atau tempat kita berada sangat jauh dari kantor DUKCAPIL atau keperluannya sangatlah mendadak dimana jika kita harus ke kantor DUKCAPIL tidak akan sempat, dan inilah sosusi terakhir yang dapat kita tempuh yaitu menggunakan Kartu Keluarga (KK) sementara yang bisa kita dapatkan dari Lurah atau Kades.

Untuk solusi yang keempat ada beberapa hal yang harus kita lewati yaitu dengan meminta surat pengantar dari RT setempat dan mengisi blangko atau form yang sudah disediakan, bagaimana jika RT atau Lurah/Kades ditempat kita tidak memiliki blangko atau form Kartu Keluarga (KK) sementara tersebut. Jika itu yang terjadi, kamu tidak perlu panik karena disini kami telah menyediakannya untuk kamu download secara gratis untuk kamu edit sesuai data keluarga kamu menggunakan komputer ataupun smartphone yang kamu miliki.

Tidak perlu berlama-lama lagi berikut blangko atau form Kartu Keluarga (KK) sementara yang bisa kamu edit, klik link dibawah gambar ini untuk memulai download.



Demikianlah contoh blangko atau form Kartu Keluarga (KK) sementara, terima kasih atas kunjungannya di blog ini dan jangan lupa berkomentar tentang pendapatmu atas postingan ini.

    Baca juga



    Demikian Penjelasan tentang Akta DOWNLOAD CONTOH BLANGKO ATAU FORM KARTU KELUARGA KK SEMENTARA WORD ATAU DOC Jual Beli Tanah, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Akta DOWNLOAD CONTOH BLANGKO ATAU FORM KARTU KELUARGA KK SEMENTARA WORD ATAU DOC Jual Beli Tanah

    0 komentar:

    Posting Komentar