Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Cara Membuat Surat Perintah Kerja - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Cara Membuat Surat Perintah Kerja - Contoh Formatnya sebagai berikut


Cara Membuat Surat Perintah Kerja
 Dalam sebuah pekerjaan ada kalanya seseorang mendapatkan perintah pekerjaan secara resmi. Tak hanya dapat disampaikan langsung, namun juga dapat disampaikan dengan menggunakan sebuah surat. Surat semacam ini disebut surat perintah kerja. Dalam penulisannya dibutuhkan sebuah format resmi dan harus ditulis dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang sesuai, baik, dan benar. Hal ini dikarenakan surat perintah kerja merupakan surat yang buat dan dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tertentu kepada karyawan guna melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu.

Isi surat perinta kerja ini meliputi dua belah pihak yaitu pihak pertama yakni perusahaan atau instansi terkait dan pihak kedua adalah karyawan. Biasanya surat ini dikeluarkan langsung oleh pemberi perintah kepada orang atau kelompok yang diperintahkan. Dengan adanya sura tini, maka perintah tugas tersebut dapat dikatakan sebagai perintah kerja resmi.

Dengan adanya surat perintah kerja ini juga, diharapkan penerima tugas bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Karena surat ini merupakan surat yang resmi, maka fungsi surat tersebut sebagai alat untuk memberikan wewenang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai perintah. Sebagai contoh adalah surat perintah kerja bagi karyawan untuk menghadiri sebuah rapat diluar kota.

Dan untuk membuat surat perintah kerja yang baik dan benar, anda perlu memperhatikan beberapa hal yang ada pada surat perintah kerja tersebut. Berikut bagian-bagiannya :

1. Kepala Surat

Seperti namanya, kepala surat ini merupakan pangkal surat yang menjelaskan atau berkaitan dengan perusahan yang meliputi :
- Nama lembaga, perusahaan, atau instansi
- Alamat lengkap perusaahaan, instansi, atau lembaga
- Kontak yang dapat dihubungi (nomor telepon perusahaan)
- Kode Pos
- Logo perusahaan atau instansi

Namun sebenarnya, tidak semua kepala surat atau kop surat menyertakan kelima hal tersebut. Mengenai penulisannya, anda dapat menggunakan huruf kapital yang diperbesar dan dipertebal.

2. Isi Surat

Hal ini merupakan hal yang paling penting dan menjadi inti dari surat ini. Bagian pokok ini berisi informasi atau perintah kerja yang akan disampaikan kepada penerima surat. Bagian ini harus ditulis dengan bahasan yang resmi sesuai dengan EYD dan harus sopan. Sebaiknya isi surat ini ditulis dengan singkat, padat, dan jelas.

3. Kaki Surat atau Penutup

Bagian yang terakhir adalah bagian kaki surat yang biasa juga disebut sebagai penutup surat. Pada bagian ini tertera nama, jabatan pengirim surat, serta tanda tangan dan logo perusahaan. Jika perlu ada pula yang menambahkan tembusan bagi pihak yang berkepentingan.

Cara Membuat Surat Perintah Kerja

Dan berikut ini kami juga akan melampirkan sebuah contoh surat perintah kerja. Contoh surat ini sekaligus sebagai penutup ulasan kami mengenai cara membuat surat perintah kerja. Sampai jumpa di ulasan bermanfaat yang selanjutnya.

PT Angkasa Raya
Jl. Kebon Kemang No 235 Palembang
Telp. 0711.320698, Fax. 12345678
Email: AngkasaRaya@yahoo.com
=========================================================================

SURAT PERINTAH KERJA (SPK)
No: 8299/SPK-MB/67/2017
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                          : Kemal Wijaya
No Induk                     : RZ25698
Jabatan                       : Kepala Administrasi
Alamat                      : Jl. Delima Dua NO 56 Palembang, Sumatrera Selatan

Memberikan perintah kerja kepada :

Nama                          : Rangga Aditya
No Induk                     : RZ35679
Jabatan                       : Administrasi
Alamat                        : Jl. Cindo Beseri No 69 Palembang, Sumatera Selatan

Untuk melakukan perjalanan dinas ke Jakarta guna mendapatkan pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan kerja bagian administrasi kantor. Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari terhitung mulai tanggal 24 Maret 2017 - 26 Maret 2017.


Demikianlah surat perintah ini dibuat dengan sebenar-benarnya sehingga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan rasa penuh tanggung jawab.

Palembang, 20 Maret 2017
PT. Angkasa Raya



TTD
Kemal Wijaya

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Cara Membuat Surat Perintah Kerja - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Cara Membuat Surat Perintah Kerja - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar