Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Aneka Ragam Contoh Surat Dinas Perusahaan - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Aneka Ragam Contoh Surat Dinas Perusahaan - Contoh Formatnya sebagai berikut


Surat dinas memang menjadi penting sebagai sarana penyampaian informasi penting terhadap pihak lain. Surat dinas berbeda dengan surat-surat lainnya, sebab surat ini termasuk ke dalam jenis surat resmi. Surat ini dikeluarkan oleh instansi tertentu sebagai bukti tertulis atas informasi yang disampaikan. 

Surat dinas dibuat untuk beberapa kepentingan perusahaan yang memang membutuhkan pengantar berupa surat dinas. Surat dinas tidak dibuat dan dikeluarkan secara sembarangan, biasanya akan dikeluarkan untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak atau penting saja. Sebab surat dinas ini membutuhkan tanggungjawab dari perusahaan pembuat.

Contoh-Surat-Dinas-Perusahaan

Penulisan surat dinas perusahaan sangat diperhatikan, sebab kesalahan penulisan atau format surat dinas perusahaan membuat nama perusahaan ikut tercemar atau paling tidak dianggap rendah oleh pihak lain. Untuk itu disarankan untuk dapat melihat contoh surat dinas perusahaan yang memiliki format standar dan disepakati oleh banyak pihak. Surat dinas memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya terdapat kop surat atau kepala surat. Dalam kop surat ini akan tercantum nama perusahaan atau instansi yang membuat surat, sehingga ketika terjadi suatu masalah, dapat dikonfirmasi pada perusahaan terkait. Selain kop surat, perusahaan juga akan membubuhkan stempel yang menunjukkan identitas perusahaan. 

Baca Juga : Contoh Surat Dinas

Surat dinas juga harus menggunakan bahasa baku berdasarkan ejaan yang sudah disempurnakan. Dalam surat dinas juga perlu diperhatikan nomor surat dan perihal pembuatan surat, hal ini cukup penting karena menunjukkan kebenaran dan resmi tidaknya surat tersebut.

Di bawah ini akan kami perlihatkan beberapa contoh surat dinas perusahaan dengan format yang benar sehingga dapat anda jadikan sebagai referensi dalam pembuatan surat dinas untuk perusahaan anda.

Contoh Surat Dinas Perusahaan



SMA Negeri 1 Bogor
Jalan Ir. H. Juanda No. 17 Bogor
No. Telp. (0251) 8321798
_______________________________________________________________________________

Bogor,  11 Juni 2015
No : 11/SMAN 1 Bogor/06/2015                                      
Lampiran : -
Perihal : Undangan

Yth.
Orang tua/Wali Murid Kelas XII
SMA Negeri 1 Bogor

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 1 Bogor Khususnya kelas XII. Maka pada surat kali ini kami selaku badan pendidikan sekolah kami tercinta, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPS maupun IPA di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :


Hari/Tanggal : Sabtu, 15 Juni  2015
Pukul : 08.45 s.d. 12.45
Tempat : Kebun Raya, Bogor
Acara :  Penelitian Tumbuh-tumbuhan Langka

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

                                                                                             
Kepala Sekolah
SMAN 1 Bogor
Ttd, 


Amalia Fauhanisa, S.Pd


Demikian beberapa contoh surat dinas perusahaan yang dapat kami bagikan. Semoga dapat bermanfaat terutama bagi perusahaan-perusahaan baru yang belum berpengalaman dalam membuat surat dinas. Selain itu untuk perusahaan yang sudah lama berdiri pun sebaiknya melihat contoh penulisan surat dinas perusahaan di atas, agar surat yang mungkin sebelumnya formatnya belum sesuai dapat dibenarkan dan sesuai dengan standar penulisan surat dinas yang sebenarnya.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Aneka Ragam Contoh Surat Dinas Perusahaan - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Aneka Ragam Contoh Surat Dinas Perusahaan - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar