Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Pass Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar Lengkap Surat Dan Formasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Pass Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar Lengkap Surat Dan Formasinya sebagai berikut


Pass Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar Lengkap Surat Dan Formasinya - Seperti yang kita ketahui, mengajukan Surat Lamaran Kerja dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya :
  • Datang langsung ke perusahaan .
  • Mengirimkan Surat Lamaran Kerja dan berkas-berkas pelengkap melalui jasa pos.
  • Mengirimkan Surat lamaran Kerja serta syarat-syarat yang diminta dalam bentuk softcopy melalui email.
Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai poin ketiga yaitu Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email. Pada dasarnya sistematika Surat Lamaran Kerja Via Email ini tidak jauh berbeda dengan Surat Lamaran Kerja biasa. Yang membedakan hanyalah metode penyampaiannya yaitu melalui media email. Perbedaan kedua adalah wujud dari Surat Lamaran Kerja tersebut yang berupa softcopy. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan Surat Lamaran Kerja Via Email :
  1. Siapkan Surat Lamaran Kerja dan berkas-berkas yang dibutuhkan, pastikan bahwa semuanya telah siap dan tersusun secara lengkap dan rapi. Jangan sampai berkas yang ingin kita kirimkan salah atau bahkan tertukar dengan berkas yang lain.
  2. Sebaiknya menggunakan email yang selalu aktif atau sering kita gunakan. Agar ketika ada balasan dari pihak perusahaan tersebut, kita dapat segera mengetahuinya.
  3. Sebaiknya nama akun pada email yang kita gunakan untuk mengirim Surat Lamaran Kerja adalah nama asli kita atau nama lengkap. Bukan berupa nama julukan, nama alias, atau nama-nama lain yang bukan nama asli.
  4. Pada kolom email tujuan (To : ), tuliskan alamat email tujuan mengirimkan berkas-berkas tersebut ( misalnya pimpinan, HRD, atau email perusahaan).
  5. Kita juga dapat mencantumkan email lain pada kolom CC atau BCC (jika memang diperlukan). Funginya adalah untuk memberikan semacam tembusan kepada beberapa pihak terkait.
  6. Pada kolom Subject biasanya dapat dituliskan perihal atau posisi apa yang ingin kita lamar di perusahaan tersebut.
  7. Kita juga dapat melampirkan berkas-berkas pendukung Surat Lamaran Kerja seperti daftar riwayat hidup, scanning sertifikat-sertifikat keahlian, dan berkas-berkas lainnya menggunakan opsi Attachment (lampiran) yang terdapat pada jendela penulisan email.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email berikut ini :

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

To : lowongankerja@majumundur.com
Cc : -
Subject : Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya baca pada situs resmi PT. Maju Mundur bahwa PT. Maju Mundur sedang membuka lowongan pekerjaan pada posisi Staff Administrasi. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama : Paijah
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 23 Mei 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jalan Bukit Indah 514, Pati, Jawa Tengah
Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi
Telepon         : 081234567890

Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada publik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan dalam bentuk softcopy atau scanning dan saya lampirkan via email attachment :

1. Pas foto 3x4 berwarna terbaru
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Fotolopi KTP
4. Fotokopi Ijazah S1
5. Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar pihak perusahaan berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi tersebut. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Paijah


Contoh Body Email Lamaran Kerja Via Email

Contoh Body Email Lamaran Kerja Via Email
Contoh Body Email Lamaran Kerja Via Email


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Hp 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Hp
Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Hp

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Lulusan Smk

 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Lulusan Smk
 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Lulusan Smk


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Menarik

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Menarik
Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Menarik

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Pass Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar Lengkap Surat Dan Formasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pass Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar Lengkap Surat Dan Formasinya

0 komentar:

Posting Komentar