Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Pass 33 Surat Lamaran Kerja 2018 Yang Baik Dan Benar Doc Update Lengkap Surat Dan Formasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Pass 33 Surat Lamaran Kerja 2018 Yang Baik Dan Benar Doc Update Lengkap Surat Dan Formasinya sebagai berikut


Artikel kali ini akan membahas mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja 2018 Yang baik dan Benar. Surat Lamaran Kerja adalah jenis surat resmi yang ditujukan kepada perusahaan atau instansi tertentu dengan tujuan untuk mengajukan diri guna menempati salah satu posisi pada perusahaan atau instansi yang dimaksud.
Daftar Isi
Cara Menyusun Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Susunan Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar
Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD
Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap
Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank
Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate
Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
Pass Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris Lengkap Surat Dan Formasinya
Contoh Surat Lamaran kerja Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Umum
Contoh Surat Lamaran Kerja 2018
Contoh Surat Lamaran Kerja Guru
Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit
Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel
Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret dan Alfamart
Contoh Surat Lamaran Sederhana
Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan
Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan
Contoh Surat Lamaran Kerja Doc
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyusun Surat Lamaran Kerja 2018 yang baik dan benar, antara lain :
  1. Menyebutkan nama dan alamat perusahaan yang dituju.
  2. Menyebutkan posisi atau pekerjaan apa yang ingin ditempati.
  3. Mencantumkan biodata diri secara lengkap.
  4. Mencantumkan pengalaman kerja (jika sudah pernah bekerja sebelumnya).
  5. Melengkapi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh perusahaan.
  6. Menyertakan daftar riwayat hidup beserta sertifikat-sertifikat keahlian yang dimiliki sebagai berkas pendukung.
  7. Penulisan harus sesuai dengan sistematika penulisan surat resmi.
  8. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar (kalimat yang sopan dan baku).
  9. Ada beberapa orang yang menyarankan agar kita menulis tangan Surat Lamaran Kerja dengan rapi. Tujuannya agar para HRD perusahaan yang kita tuju lebih mudah dalam memahami kepribadian kita lewat tulisan tangan. Selain itu, HRD akan lebih menghargai usaha kita dengan menulis tangan.
Secara garis besar Surat Lamaran Kerja terdiri atas 3 bagian utama, yaitu :
  • Bagian Pembuka Bagian pembuka surat umumnya terdiri atas salam pembuka, penghormatan, kemudian bisa juga menyebutkan posisi pekarjaan apa yang diinginkan.
  • Bagian Isi Bagian isi surat terdiri atas biodata pelamar, serta menjelaskan berkas-berkas apa saja yang telah dilampirkan untuk memenuhi persyaratan yang diminta oleh perusahaan yang bersangkutan.
  • Bagian Penutup Bagian penutup Surat Lamaran Kerja berisi harapan pelamar agar dapat dipertimbangkan untuk mengisi posisi yang dimaksud serta ucapan terima kasih.
Seperti biasa, berikut kami berikan beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja 2018 Yang Baik dan Benar sebagai bahan referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja 2018 Yang Baik dan Benar

Yogyakarta, 10 April 2018

Yang terhormat,
HRD PT. Orion Furniture And Property
Jalan Bukit Indah 514 Pati
Jawa Tengah
Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi PT. Orion Furniture And Property, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi Staff Marketing. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama : Paijo
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 23 Mei 1994
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Alamat : Jalan Ringroad Utara, jombor, Sleman, Yogyakarta
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Bisnis
Telepon : 081234567890

Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada publik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotolopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah S1
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian
  6. Pas foto 3x4 berwarna terbaru (2 lembar)
Demikian lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Paijo

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD

Yogyakarta, 10 April 2018
Yang terhormat,
HRD PT. Arfamedia Creative
Jalan Mataram 123
Yogyakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : .................
Tempat, Tanggal Lahir : .................
Jenis Kelamin : .................
Alamat : .................
Pendidikan Terakhir : .................
Telepon : .................
E-mail : .................

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada posisi Teknisi Komputer. Sekadar informasi, saya telah memiliki pengalaman sebagai seorang Teknisi Komputer selama 2 tahun. Saya yakin kemampuan dan pengalaman saya sesuai dengan kebutuhan perusahaan Bapak/Ibu.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen penting sebagai bahan pertimbangan :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah
  4. Fotokopi SKCK
  5. Pas foto 3x4
  6. Fotokopi Sertifikat Keahlian dan Penghargaan
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Semoga Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan saya untuk menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



(nama lengkap)

Contoh Surat Lamaran Kerja Bank

Semarang, 18 Agustus 2017
Kepada Yth,
Bpk/Ibu Pemimpin Cabang
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Kantor Cabang Semarang
Jl. Raya Kendangsari Industri No.2
di Semarang

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Semarang Raya tanggal 19 Agustus 2018 bahwa PT. Bank Negara Indonesia Cabang Semarang sedang membutuhkan petugas Teller Bank yang sudah memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun, dengan ini saya :

Nama         : Riska Pratiwi
Tempat/Tanggal Lahir : Kudus, 11 Februari 1985
Jenis Kelamin         : Perempuan
Pendidikan Terakhir : D3 Akuntansi Polinness
Alamat         : Jl. Pangeran Diponegoro No. 12 Kota Semarang
HP                 : 0813726192800
Email         : riskapratiwi@gmail.com

Mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai petugas Teller Bank di Bank yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk dijadikan pertimbangan Bapak, saya juga lampirkan dokumen-dokumen berikut ini :

1. Pas foto warna 3 x 4
2. Pas foto warna 4 x 6 (Full Body)
3. Foto copy Ijazah SMP, SMA dan D3
4. Foto Copy KTP
5. CV (Curiculum Vitae)
6. Surat Keterangan Belum Menikah
7. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu

Hormat Saya.


Riska Pratiwi

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

26 Februari 2019
Perihal : Lamaran Pekerjaan
Kepada. Yth.,
Bpk/Ibu personalia
PT. HWI
Jl. Raya Veteran No. 72
Jepara

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari PT. HWI yang saya peroleh dari harian Website Jobstreet.co.id, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan berkonstribusi pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian perancangan sebagai Teknisi.

Berikut adalah biodata singkat saya :

Nama                        : Andi Prasetyo, S.T.
Tempat/ Tanggal lahir : Kudus, 19 Februari 1997
Pendidikan Terakhir : S-1 Teknik Mesin
Alamat         : Jl. Raya Tahunan Km.09 No.13 Jepara
Telepon (Hp)         : 081576320322

Untuk dijadikan bahan penilaian, saya juga lampirkan beberapa berkas pendukung :

  • Foto copy ijazah S1
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto 3×4 yang terbaru
  • Foto copy sertifikat keahlian Mengaplikasikan mekanisme kerja mekanik dasar
  • Foto copy Transkrip Nilai

Saya berharap bisa dipanggil untuk interview sehingga saya bisa menjelaskan mengenai potensi diri saya pribadi.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,


Andi Prasetyo, S.T. 

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Pass 33 Surat Lamaran Kerja 2018 Yang Baik Dan Benar Doc Update Lengkap Surat Dan Formasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pass 33 Surat Lamaran Kerja 2018 Yang Baik Dan Benar Doc Update Lengkap Surat Dan Formasinya

0 komentar:

Posting Komentar