Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Terbaru Isi Cara Membuat Lamaran Kerja Lengkap Dengan Ilustrasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Terbaru Isi Cara Membuat Lamaran Kerja Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut


Pekerjaan merupakan hal yang sangat diinginkan bagi mereka yang sudah dewasa, yang ingin mencari penghasilan sehari-hari. Banyak kalangan masyarakat yang rela merantau untuk melamar pekerjaan di ibukota, yang notabene merupakan kota yang banyak sekali terdapat perusahaan dan lapangan kerja lainnya. 

Sebelum melamar pekerjaan, tentunya terlebih dahulu membuat surat lamaran pekerjaan. Dengan banyaknya pelamar kerja di perusahaan, biasanya perusahaan tersebut akan melakukan seleksi dengan memerintahkan untuk menyerahkan surat lamaran kerja. Bagi anda yang akan melamar pekerjaan, berikut ini akan kita bahas mengenai cara membuat lamaran kerja. Maka dari itu tetaplah ikuti artikel ini hingga akhir.

Cara-Membuat-Lamaran-Kerja

Saat bangku sekolah, materi cara membuat lamaran pekerjaan diajarkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Materi ini sangat penting, karena di dalamnya dijelaskan mengenai seluk beluk surat lamaran pekerjaan, seperti format, karakteristik, serta cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Banyak pelamar kerja yang membuat surat lamaran dengan berhati-hati dan mencari sumber cara pembuatan yang benar agar dalam melamar pekerjaannya dapat diterima.

Surat lamaran pekerjaan sangat penting dalam menentukan langkah lamaran kerja selanjutnya. Agar surat lamaran pekerjaan dapat diterima dengan baik dan maksimal oleh perusahaan, maka kita harus membuatnya dengan sebaik-baiknya. Untuk membuat surat lamaran yang baik, berikut ini contoh cara membuat lamaran kerja yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Bekasi, 04 Februari 2015
Kepada Yth :
HRD PT NIKITA
Jl. Ahmad Yani No. 24 Mustika Jaya Bekasi

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                          : Danang Atmoko
Tempat/Tanggal Lahir   : Semarang, 11 Agustus 1988
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : SMK Perhotelan Bina Karya Bekasi
Alamat                        : Jl. Mutiara No. 8 RT/RW 09/006
Telepon                       : 085234567890

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya


Danang Atmoko


Banyak beredar di media khususnya internet mengenai format cara penulisan surat lamaran pekerjaan. Pada dasarnya, format yang berbeda tidak menjadikan perbedaan yang menonjol, yang terpenting dan yang harus anda perhatikan yaitu pada bagian isi. Dalam bagian itu cantumkanlah beberapa bakat keahlian dan kemampuan yang anda miliki yang nantinya akan menjadi nilai tambah dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh atasan perusahaan dalam merekrut pekerja. Dengan begitu, peluang anda untuk diterima di perusahaan tersebut lebih besar. 


Demikianlah artikel cara membuat lamaran kerja yang dapat menjadi bahan referensi untuk anda yang akan melamar pekerjaan. Semoga dengan artikel ini dapat membawa anda berada di perusahaan yang anda inginkan untuk bekerja. Semoga berhasil.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Cara Membuat Lamaran Kerja Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Terbaru Isi Cara Membuat Lamaran Kerja Lengkap Dengan Ilustrasinya

0 komentar:

Posting Komentar