Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae sebagai berikut


Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae
Daftar Riwayat Hidup atau yang kita kenal juga dengan sebutan Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah keterangan mengenai jati diri seseorang yang sifatnya untuk mempromosikan diri kepada perusahaan maupun instansi yang ingin dilamar pekerjaannya. CV biasanya menjadi salah satu persyaratan yang diajukan oleh sebuah perusahaan ketika membuka lowongan pekerjaan. Dapat dikatakan pula bahwa surat lamaran pekerjaan dan CV adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.

Mengenai isinya, daftar riwayat hidup ini berisikan keterangan pribadi dan latar belakang pendidikan yang dimiliki seseorang baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal. Tujuan dibuatnya CV ini adalah agar perusahaan dapat mengenal sang pelamar dengan jelas. Hal ini nantinya menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima atau menolak lamaran tersebut.

Dalam membuat daftar riwayat hidup atau CV, hendaknya dibuat dengan sebenar-benarnya sesuai dengan keadaan anda. Sangat tidak diperbolehkan anda membuatnya melenceng dari kepribadian dan jati diri anda yang sesungguhnya. Karena hal tersebut nantinya akan dipertanggung jawabkan kepada perusahaan. Dan perlu anda ketahui bahwa keterangan pada CV cukup mempengaruhi perihal diterima atau tidaknya seseorang.

Untuk itu hendaknya CV ini ditulis dengan baik dan benar. Dan kami akan memberikan beberapa tips dalam menulis daftar riwayat hidup atau CV. Mari simak uraiannya dibawah ini.

1. Harus Jujur

Yang pertama harus anda perhatikan adalah kejujuran. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi bahwa CV harus menerangkan hal yang sebenarnya ada pada diri anda. Misalkan saja soal pengalaman kerja. Jangan pernah membuat pengalaman kerja yang sebenarnya tidak pernah anda jalani. Mungkin saja hal tersebut dilakukan sebagian orang karena merasa gengsi sebab tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup. Namun sekali lagi harus diingat, bahwa hal tersebut sangat tidak dibenarkan.

2. Perhatikan Tata Bahasa, Ejaan, dan Tanda Baca

Hal ini merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan dalam setiap menulis surat resmi hingga daftar riwayat hidup. Gunakan bahasa yang baik dan benar serta perhatikan tanda baca yang anda gunakan. Buatlah CV anda dengan ejaan kata yang benar tanpa ada kekurangan huruf atau kesalahan lainnya.

3. Jumlah Halaman

Pada umumnya CV hanya terdiri dari satu lembar halaman saja. Namun jika memang pengalaman kerja, latar pendidikan, dan pengalaman mengikuti pelatihan anda sangat banyak dan penting untuk disertakan, maka CV anda boleh menjadi dua atau tiga halaman. Akan tetapi untuk surat lamaran kerja akan lebih baik jika hanya satu halaman.

4. Berikan Keterangan Yang Jelas dan Secara Gamblang

Maksudnya disini adalah saat anda memberikan sebuah keterangan, maka hendaknya diuraikan atau disampaikan dengan jelas. Sebagai contoh, ketika anda menuliskan gelar atau pendidikan tertinggi anda. Misalkan saja anda menulis Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya. Nah akan lebih baik jika anda menyertakan nama kota Universitas tersebut yaitu mnenjadi Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya - Palembang, Sumatera Selatan.

5. Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna

CV yang baik hendaknya yang mudah dibaca, mudah dicerna, dan urutannya jelas. Jika ada sebuah keterangan yang aman penting, maka anda dapat menulisnya dengan huruf tebal atau bold. Dengan begini maka perusahaan dapat lebih mudah mengetahui hal yang sangat penting dan yang ingin anda tunjukkan melalui Cv tersebut.

Itulah beberapa hal atau tips dalam menulis CV. Untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini kami memberikan contoh sebuah Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar. Contoh tersebut juga sebagai penutup ulasan kami kali ini. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat ya.

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae

Contoh :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap                 : Denna Aulia Putri
Tempat, Tanggal Lahir     : Palembang, 28 Agustus 1991
Jenis Kelamin                   : Wanita
Kewarganegaraan             : Indonesia
Agama                              : Islam
Status                                : Belum Kawin
Alamat                              : Jln. Anggrek No. 274 Palembang
No. Telpon                        : 0813 7896 2486
Email                                : DennaAuput@gmail.com 

PENDIDIKAN FORMAL

1. SD Negeri 1 Palembang : Tahun 1997 - 2003
2. SMP Negeri 1 Jakarta : Tahun 2003 - 2006
3. SMA Negeri 1 Palembang : Tahun 2006 - 2009
4. S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya - Pelembang : Tahun 2010 - 2014 

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Kursus Komputer dan Jaringan di Palembang : Tahun 2009
2. Kursus Progamming di Palembang : Tahun 2012
3. Basic Language English di Palembang : Tahun 2013

4. Pelatihan Praktik Kerja Bagian Keuangan : Tahun 2014
5. Pelatihan Kepegawaian dan Calon Pegawai Berpengalaman : Tahun 2015

RIWAYAT PEKERJAAN

1. Staff Keuangan di PT. IndoMaju, Palembang : Tahun 2014 - 2015

2. Kepala Staff Keuangan di PT. Cipta Karya Sejati, Lampung : Tahun 2015-2017

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Palembang, 30 Desember 2017


Denna Aulia Putri

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Curriculum Vitae

0 komentar:

Posting Komentar