Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Terbaru Isi Tips Menulis Surat Permohonan Magang Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut
Magang adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja. Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja. Biasanya magang ini dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan proses pendidikan. Lewat magang ini pula biasanya mahasiswa akan mengetahui dengan jelas bagaimana dunia kerja yang sesuai dengan bidang pendidikan mereka.
Magang sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak. Bagi pemohon tentu akan mendapatkan pengalaman kerja, ilmu, dan menambah teman yang berhubungan dengan dunia kerja. Sedangkan keuntungan bagi perusahaan yang memberikan izin magang akan mendapatkan tenaga kerja tambahan tanpa harus membayar tenaga ahli secara penuh. Tentu saja hal ini sudah biasa dilakukan dalam dunia kerja.
Seperti yang sudah diungkapkan tadi, magang tentu saja dilakukan di tempat atau perusahaan yang sesuai dengan bidang pendidikan atau bidang yang dikuasai. Untuk dapat magang di tempat atau di perusahaan tersebut, anda harus mengajukan surat permohonan magang terlebih dahulu. Surat ini tentu memiliki tujuan yang sama dengan beberapa surat permohonan pada umumnya, yaitu memohon agar pembuat surat atau yang bersangkutan mendapatkan izin untuk melakukan praktek pada perusahaan tersebut.
Surat permohonan magang ini sendiri bisa dibuat oleh mahasiswa atau yang bersangkutan langsung ataupun oleh universitas/sekolah tempat ia mengenyam pendidikan. Dalam pembuatannya sama saja dengan beberapa surat permohonan lainnya. Yang membedakan sebenarnya adalah isi pokok dari surat tersebut. Apakah isi pokoknya? tentu saja ungkapan untuk meminta izin melakukan kerja praktek.
Dalam menulis surat permohonan magang, ada beberapa hal yang perlu anda ingat, diantaranya adalah :
- Berikan data diri anda meliputi nama, NIM, alamat rumah, alamat kampus, program studi atau jurusan.
- Jelaskan apa maksud anda menulis surat tersebut. Dalam hal ini hendaknya dipaparkan secara jelas, singkat, dan padat.
- Berikan lampiran sebagai berkas dalam pengajuan permohonan magang, misalnya daftar riwayat hidup, kartu mahasiswa, KHS terakhir dengan IPK, pas foto terbaru.
Contoh 1 :
Kepada Yth,
Kepala Sub Bagian__________RS. Pertamina
Jl. Kesehatan No. 259
Palembang
Saya, yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Lita Amelia Septiani
NIM : 069.156.8.9.065
Alamat : Jl. Sawo No. 251 Palembang
Alamat Kampus : Akademi Keperawatan _______ Jl. ________ No. __
________________ Palembang
Program Studi / Jurusan : Diploma III / Keperawatan
Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan ijin untuk dapat menjalankan tugas akhir saya (magang) di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu kelola. Berikut saya lampirkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai bahan untuk dipelajari oleh Bapak/Ibu.
1. Curriculum Vitae (CV)
2. Foto Copy Kartu Mahasiswa
3. KHS terakhir dengan IPK
4. Pas Photo Terbaru ukuran 3x4 = 2 lembar (ditempel ditepi kanan kop surat)
Besar harapan saya untuk dapat diterima, oleh karenanya saya sanggup menaati peraturan dan ketentuan yang berlaku di Rumah Sakit Pertamina Palembang.
Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya
Lita Amelia Septiani
UNIVERSITAS SIWIJAYA
FAKULTAS EKONOMI
Nomor : 05689/SPM/UNSRI/IV/2017
Perihal : Permohonan Magang
Lamp. : 1 Bendel
Yth:
HRD Bank Negara Indonesia
Cabang Kota Palembang
Di tempat.
Dengan Hormat,
Dalam rangka memenuhi kewajiban kurikulum dan demi peningkatan keterampilan mahasiswa di bidang Ekonomi Perbankan, saya selaku ketua prodi Ekonomi Perbankan di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu Pimpinan agar dapat menerima mahasiswa kami tersebut di bawah ini :
Nama : Garinda Annissa Julianti
NIM : 45693281
Konsentrasi : Ekonomi Perbankan
Untuk melaksanakan praktek magang atau Kuliah Kerja Magang (KKM) pada bagian yang ada dalam Bank Negara Indonesia yang Bapak/Ibu pimpin.
Adapun pelaksanaan magang dapat dilaksanakan antara bulan Oktober sampai dengan Desember 2017, dan sesuai dengan beban kurikulum Kuliah Kerja Magang (KKM) yakni 6 SKS, maka setiap mahasiswa/i wajib melaksanakan magang/KKM minimal selama 2 (dua) bulan atau paling lama 6 (enam) bulan.
Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Palembang, 19 September 2017
Ketua Prodi
Ekonomi Perbankan
Lampiran:
1. Surat Keterangan
2. Foto Copy Identitas
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Foto Berwarna 3x4 2 lembar Robby Arsandi S.E,. M.M
5. Foto Copy KHS Semester I-IV Nip. 788947 2002 56569
Sekian ulasan dari kami mengenai surat permohonan magang. Semoga bermanfaat.
Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Tips Menulis Surat Permohonan Magang Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar