Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Terbaru Isi Tips Membuat Surat Permohonan Peminjaman Mobil Dinas Lengkap Dengan Ilustrasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Terbaru Isi Tips Membuat Surat Permohonan Peminjaman Mobil Dinas Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut


Terbaru Isi Tips Membuat Surat Permohonan Peminjaman Mobil Dinas Lengkap Dengan Ilustrasinya
Dalam sebuah instansi atau perusahaan, biasanya ada yang namanya mobil dinas. Mobil ini disediakan untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan instansi atau perusahaan tersebut. Dengan kata lain mobil ini dapat dipergunakan untuk keperluan instansi atau perusahaan itu. karena merupakan mobil yang bersifat milik perusahaan, maka peminjamannya pun harus menggunakan prosedur, dalam hal ini adalah surat. Oleh karena itu, surat permohonan peminjaman mobil dinas adalah salah satu surat yang penting.

Dalam pembuatannya, sama seperti surat pada umumnya. Hanya saja anda menyertakan permohonan untuk perminjaman mobil tersebut di bagian isinya. Selain itu jelaskan pula untuk keperluan apa mobil tersebut dipinjam dan sertakan tanggal peminjaman mobil, waktu peminjaman, serta tempat atau alamat tujuan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh surat permohonan peminjaman mobil dinas.

Contoh :

Bandung, 5 September 2017

Nomor            : 12/MJL/IX/2017
Lampiran        : -
Hal                  : Permohonan Peminjaman Mobil


Kepada Yth.
Bpk. Direktur
PT. Maju Jaya Laksana
Bandung - Indonesia

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan akan diadakannya acara Family Gathering untuk seluruh karyawan PT. Maju Jaya Laksana yang sesuai jadwal akan dilaksanakan pada Minggu, 17 September 2017, maka kami selaku panitia pelaksana perlu meninjau lokasi kegiatan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan tempat acara sesuai dan persiapan dapat berjalan lancar. Maka dari itu dengan surat ini kami bermaksud untuk meminjam mobil dinas untuk keperluan tersebut pada :

     Hari/Tanggal         : Sabtu,  16 September 2017
     Waktu                    : 08.00 WIB s/d selesai
     Tempat                  : Trizara Resort Lembang
     Acara                    : Family Gathering

Demikian surat permohonan peminjaman mobil dinas ini kami buat. Besar harapan kami atas terkabulnya permohonan tersebut, atas segala perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.



Ketua Pelaksana                                                                                            Sekretaris




Novan Aridio, S, E                                                                                  Andini Hanaziva, S,E


Terbaru Isi Tips Membuat Surat Permohonan Peminjaman Mobil Dinas Lengkap Dengan Ilustrasinya

Itulah ulasan kami mengenai tips membuat surat permohonan peminjaman mobil dinas beserta contohnya. Semoga bermanfaat. 


Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Tips Membuat Surat Permohonan Peminjaman Mobil Dinas Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Terbaru Isi Tips Membuat Surat Permohonan Peminjaman Mobil Dinas Lengkap Dengan Ilustrasinya

0 komentar:

Posting Komentar