Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Terbaru Isi Tips Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang Lengkap Dengan Ilustrasinya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Terbaru Isi Tips Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut


Terbaru Isi Tips Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang Lengkap Dengan Ilustrasinya
Dalam dunia perdagangan, tentu saja ada hal yang namanya bayar membayar. Dan setiap penjual pasti mengharapkan setiap pembelinya membayar tepat waktu. Hal ini disesuaikan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak baik secara tunai maupun kredit. Ada kalanya pembeli mengalami kesulitan keuangan atau beberapa hal lainnya yang menyebabkan tertundanya pembayaran barang tersebut.

Jika terjadi hal yang demikian, hendaknya ada itikad baik yang dilakukan oleh sang pembeli kepada pihak penjual. Dalam hal ini pengajuan surat penangguhan pembayaran adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Surat ini hendaknya dilayangkan segera kepada pihak pembeli sebagai wujud tindakan baik seorang pembeli.

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan surat penangguhan pembayaran tersebut?. Surat penangguhan pembayaran adalah sebuah surat yang dibuat dan dikirim oleh pembeli kepada penjual yang isinya adalah meminta atau memohon kepada penjual agar pembayaran dapat diundur atau ditunda untuk beberapa waktu. Jika akan mengirimkan surat ini, maka waktu yang tepat untuk mengirimkannya adalah sebelum pihak penjual memberikan surat penagihan pembayaran atau sebelum tibanya tanggal jatuh tempo.

Sebelum menulis surat ini, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal yang perlu dituliskan dalam surat penangguhan pembayaran, diantaranya adalah :
  1. Alasan dibuatnya surat penangguhan pembayaran
  2. Kapan dan dengan cara yang seperti apa hutang atau tunggakan tersebut akan dibayar
  3. Pernyataan permohonan maaf atas penundaan tersebut
  4. Hal lainnya yang mungkin bisa meyakinkan pihak penjual bahwa hutang tersebut akan dilunasi.
Jika sudah mengetahui beberapa hal diatas, selanjutnya kami akan memberikan cara atau tips menulis surat penangguhan pembayaran barang yang baik dan benar. 
  1. Hubungkan surat penangguhan pembayaran dengan surat pengiriman pembayaran barang yang belum terlunaskan.
  2. Jelaskan dengan bahasa yang baik dan sopan bahwa pembayaran belum dapat dilunasi dengan disertai bukti dan alasan yang kuat dan logis.
  3. Selanjutnya jelaskan pula kapan hutang atau tunggakan tersebut akan dilunasi
  4. Jelaskan juga bagaimana acara pelunasan tersebut akan dilakukan.
  5. Jangan lupa berikan pernyataan maaf atas penundaan tersebut.
  6. Sebutkan beberapa hal yang perlu dicantumkan untuk meyakinkan penjual
  7. Akhiri surat tersebut dengan ucapan terima kasih.
Nah sudah paham kan mengenai cara penulisan surat penangguhan pembayaran barang yang baik dan benar?. Namun untuk lebih jelasnya lagi, kami akan memberikan contoh surat penangguhan pembayaran barang.

Terbaru Isi Tips Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang Lengkap Dengan Ilustrasinya

Contoh :
CV. BUANA INDAH
Jl. Jendral Sudirman  No. 415
Palembang, Sumatera Selatan
===================================================================================
No : 56/BI/VI/2017                                                                                                                          03 Juni 2017
Hal : Penangguhan Pembayaran
Kepada
Yth. Direktur PT. Maju Utama
Jl. Perwira No.269
Jakarta Selatan
Dengan Hormat,
Kami beritahukan kepada saudara bahwa menurut buku catatan kami, bahwa kami masih mempunyai sisa hutang Rp. 15.500.000 (lima belas juta lima ratus ribu rupiah), yaitu faktur no. 126/MU/V/2017 yang harus lunas pada tanggal 6 Juni 2017 yang akan datang.
Berhubung pada akhir-akhir ini di daerah pertokoan sedang terjadi perbaikan jalan dan pembangunan jembatan yang menyebabkan sebagian toko kami tidak dapat beroperasi untuk beberapa waktu, maka usaha kami sedikit mengalami kemunduran bahkan barang-barang yang baru saja kami datangkan dari perusahaan Saudara belum sempat kami pasarkan.
Berkenaan dengan keadaan itu, kami mohon kerelaan saudara agar faktur tersebut dapat ditunda pembayarannya sampai pada awal Juli 2017 mendatang.
Mudah-mudahan kelonggaran waktu yang Saudara berikan kepada kami dapat kami pergunakan untuk berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat melunasi hutang tersebut tepat pada waktu yang kami janjikan.
Demikianlah pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan banyak terima kasih.
Hormat kami
CV Buana Indah
  


Agung Wicaksono

Itulah ulasan kami mengenai surat penangguhan pembayaran barang. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu anda dalam membuat surat tersebut. Sampai jumpa di ulasan menarik kami yang berikutnya. Salam sukses selalu. 

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Tips Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Terbaru Isi Tips Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang Lengkap Dengan Ilustrasinya

0 komentar:

Posting Komentar