Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Terbaru Isi Cara Membuat Surat Permohonan Pindah Kuliah Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut
Dalam hal tertentu anda mungkin saja harus mengambil keputusan bahwa mau tidak mau anda harus pindah kuliah. Hal ini biasa terjadi dalam dunia perkuliahan dan banyak terjadi bagi para pekerja atau karyawan yang bekerja sambil kuliah. Saat pekerjaan mengharuskan anda untuk pindah ke kota atau tempat lain, maka kebanyakan orang memilih untuk pindah universitas. Namun pada umumnya hal ini terjadi pada saat tahun ajaran baru dimulai.
Untuk membuatnya sebenarnya tidak terlalu sulit, yang perlu anda ingat setiap membuat surat adalah gunakan bahasan Indonesia yang baik dan benar. Kemudian jangan lupa membuat tanggal, berikan lampiran yang dibutuhkan jika memang ada, serta sampaikan alasan anda mengapa memilih untuk pindah kuliah. Sampaikan alasan tersebut dengan singkat, padat, dan jelas.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan sebuah contoh surat permohonan pindah kuliah.
Palembang, 12 September 2017
Yth. Wakil Rektor Bidang Akademik
Penelitian dan Kerjasama
Di Tempat
Surat Permohonan Pindah Kuliah
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Leonita Anggraini
NIM : 123456789
Tempat Tanggal Lahir : Palembang, 25 Januari 1994
Jurusan : Ekonomi Akuntansi
Semester : 3 (Tiga)
Alamat : Jl. Singkarang 2 No. 63 Palembang
Melalui surat ini saya mengajukan permohonan untuk pindah dari Universitas Sriwijaya ke Universitas Negeri Lampung Fakultas Ekonomi mulai Tahun Ajaran baru 2017/2018 (Awal Pembelajaran Semester IV) dengan alasan karena saya dipindah tugaskan ke Lampung dari perusahaan tempat saya bekerja.
Bersama surat ini saya lampirkan :
- Fotokopi ijazah SMA
- Fotokopi kartu mahasiswa Universitas Sriwijaya
- Fotokopi KTP
- Daftar mata kuliah yang ditempuh di Universitas Sriwijaya
Saya sangat berharap[ dikabulkannya permohonan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Mengetahui Orang Tua, Hormat Saya,
Donny Saniago, S.H Leonita Anggraini
Nah itulah ulasan kami mengenai cara membuat surat permohonan pindah kuliah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diulasan yang berikutnya.
Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Cara Membuat Surat Permohonan Pindah Kuliah Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar