Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Terbaru Isi Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya sebagai berikut
Pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk setiap orang yang sudah dewasa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan guna mencukupi kebutuhan sehari-harinya sebagai manusia. Untuk itu, diperlukan sebuah pekerjaan untuk dapat memperlancar kelangsungan hidup manusia. Kebanyakan para orang dewasa lebih memilih untuk mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan di kota besar dari pada bekerja menciptakan lapangan pekerjaan sendiri atau bekerja di kampung halaman, karena mereka menganggap gajinya lebih banyak. Oleh karena itu, untuk melamar di perusahaan, mereka harus membuat surat lamaran pekerjaan. Disini kami akan mengulas sedikit tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik.
Bagi anda yang akan melamar pekerjaan yang baik, terdapat beberapa tips membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Pertama, gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam bahasa Indonesia. Kedua, susunlah format penulisan surat secara rapi dan janganlah menulis dengan kata-kata yang susah. Ketiga, tulislah surat lamaran secara manual atau tulis tangan untuk membuktikan keaslian bahwa benar-benar anda yang membuat surat lamaran tersebut. Keempat, lengkapilah surat lamaran dengan data yang diperlukan sebagai acuan pertimbangan dalam proses seleksi perekrutan tersebut. Kelima, lampirkanlah beberapa surat atau berkas pendukung lainnya seperti ijazah pendidikan, sertifikat, penghargaan, dan lainnya.
Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Dalam penulisan surat lamaran ciptakanlah kesan yang baik dan sopan melalui surat lamaran kerja yang anda tulis agar anda mendapatkan kesan sebagai pelamar yang baik dan berperilaku positif. Pada paragraf terakhir, tegaskanlah kepada mereka tentang kesungguhan dan kemantapan anda dalam melamar pekerjaan dan mintalah mereka untuk segera menghubungi anda jika berkenan menerima lamaran anda. Berikut ini kami berikan contoh cara membuat surat lamaran kerja yang baik untuk anda.
Terbaru Isi Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya
Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan
PT. Bangunan Jaya Sentosa
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.
Saya tamatan SMK, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.
Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :
Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
Pas Photo 4 x 6 1 Lembar
Foto Copy KTP 1 Lembar
Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar
Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Nama Terang
Dengan mengetahui metode pembuatan surat lamaran pekerjaan dengan baik, peluang anda untuk diterima di instansi atau tempat kerja yang anda inginkan semakin besar. Berusahalah untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang lebih baik dan berdoalah agar dapat memberikan hasil yang memuaskan. Begitulah usaha yang dapat manusia lakukan, segala keputusan berada pada Tuhan Sang Pemberi rezeki yang melewati sebuah pekerjaan tersebut.
Demikianlah artikel mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik, semoga dapat memberikan hasil yang memuaskan dan semoga anda diterima. Selamat mencoba.
Demikian Penjelasan tentang Terbaru Isi Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Lengkap Dengan Ilustrasinya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar