Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Cara Tepat Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dengan Tips Bijaknya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Cara Tepat Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dengan Tips Bijaknya sebagai berikut


Cara Tepat Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dengan Tips Bijaknya
Surat pengunduran diri dari perusahaan adalah sebuah surat yang diajukan oleh seorang karyawan yang akan mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja. Mengenai alasannya, tentu saja beragam, mulai dari karena akan pindah tempat kerja ataupun karena ingin pensiun dini. Surat ini merupakan salah satu surat resmi yang kerap kali ditemui dalam dunia kerja, baik itu dalam sebuah perusahaan, instansi, dan lain sebagainya.

Surat pengunduran diri ini sendiri diajukan oleh karyawan yang bersangkutan selambat-lambatnya 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri. Alasannya adalah agar perusahaan mempunyai cukup waktu untuk memutuskan menerima atau tidak pengunduran diri tersebut. Apabila perusahaan menerima, maka perusahaan masih bisa mencari mencari pengganti karyawan yang mengundurkan diri itu terlebih dahulu. Sehingga posisi yang akan di tinggalkan tersebut tidak akan kosong.

Mengenai format penulisannya, surat ini memiliki format yang sama seperti surat-surat resmi lainnya. Formatnya adalah sebagai berikut.
  1. Tanggal pembuatan surat
  2. Kepada siapa surat ditujukan
  3. Isi (sertakan data diri yang berkaitan dengan identitas sebagai karyawan di perusahaan tersebut, utarakan maksud dan tujuan dari surat tersebut, serta beberkan mengenai alasan pengunduran diri)
  4. Penutup (nama terang dan tanda tangan)
Untuk penulisannya, karena surat ini termasuk surat resmi, maka gunakan ejaan yang disempurnakan serta gunakan pula bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Contoh 1 :


Medan, 17 Maret 2018
Kepada. Yth
Manager HRD
PT. Sukses Bersama

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukses Bersama berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan undang-undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                : Rita Tria Anita, SE
Departemen      : Produksi
Jabatan             : Manager Produksi
No Karyawan   : PR56983
Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Sukses Bersama karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan perundangan yang berlaku. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya


Rita Tria Anita, SE


Cara Tepat Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dengan Tips Bijaknya

Contoh 2 :

Padang, 1 Februari 2018

Kepada. Yth
HRD Manager
PT. Mandiri Semesta
Jl. Pahlawan Kemerdekaan No.75
Padang, Sumatera Barat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya Clara Azzahra, SH bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mandiri Semesta sebagai Assiten Manager Pemasaran, terhitung sejak tanggal 1 Maret 2018. Keputusan ini saya ambil karena saya akan melanjutkan pendidikan menuju S2.
Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja dan belajar di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mandiri Semesta apabila terdapat kesalahan ucapan dan tindakan yang saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap PT. Mandiri Semesta dapat terus berkembang dan menjadi perusahaan kontraktor IT nomor 1 di Indonesia.

Hormat Saya


Clara Azzahra, SH

Nah bagaimana, sudah jelas dengan contoh yang kami berikan diatas?. Dan demikianlah ulasan kami mengenai surat pengunduran diri dari perusahaan. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan berikutnya.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Cara Tepat Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dengan Tips Bijaknya, semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Tepat Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dengan Tips Bijaknya

0 komentar:

Posting Komentar