Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar - Contoh Formatnya sebagai berikut


Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar
 Surat pernyataan adalah salah satu surat yang sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia perkantoran, di lingkungan sekolah, dan lain sebagainya. Karena surat ini merupakan salah satu cara untuk menjelaskan sesuatu. Surat pernyataan sendiri adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menerangkan tentang dirinya atau orang lain bahwa orang yang tersebut namanya dalam surat pernah melakukan sesuatu ataupun sebaliknya. Surat ini juga dapat menyatakan tentang seseorang yang menyampaikan kesanggupan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, surat pernyataan kesalahan ini adalah surat yang berisikan tentang seseorang yang mengakui kesalahannya dan berjanji untuk tidak mengulanginya kembali. Surat ini dapat dijadikan sebuah jaminan bagi pemegangnya jikalau orang yang tercantum namanya kembali membuat kesalahan serupa dan dapat memberikan sanksi sesuai dengan pernyataannya yang tertera dalam surat pernyataan.

Sebelum mulai menulis surat pernyataan, berikut ini kami akan membagikan susunan dari surat pernyataan.

  1. Nama surat pernyataan, diketik center dengan huruf kapital semuanya.
  2. Isi pernyataan yang meliputi : identitas pihak yang menyatakan, isi pernyataan yang berupa kesungguhan dalam menyatakan sesuatu sesuai dengan kenyataan yang ada, identitas pihak yang menyatakan jika surat dibuat oleh pihak lain.
  3. Penutup yang meliputi : Tempat dan tanggal dibuatnya surat, identitas si pembuat pernyataan, nama terang, tanda tangan dan keterangan lain seperti Nip, Nim, dan lain sebagainya.
Untuk menulis surat pernyataan kesalahan yang baik dan benar, kami akan memberikan beberapa tips dalam menulisnya. Berikut ulasannya :
  1. Menggunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan ejaan yang baik dan benar
  2. Menggunakan kalimat yang jelas dan tidak terlalu bertele-tele
  3. Cantumkan identitas diri pembuat pernyataan
  4. Dalam isinya, jelaskan mengenai kesalahan yang telah anda lakukan
  5. Cantumkan pula kesiapan anda untuk menerima konsekuensi atas kesalahan tersebut. Dan berjanjilah pula untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Berikan jaminan dengan menyatakan atas kesediaan anda menerima semua bentuk sanksi jika kembali mengulanginya.
  6. Untuk menjaga unsur legalitas sebaiknya gunakan materai 6000 pada bagian tanda tangan pembuat pernyataan.
Dan untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami berikan contoh surat pernyataan kesalahan yang baik dan benar.

Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar

Contoh :


SURAT PERNYATAAN KESALAHAN

Jakarta, 15 Januari 2018

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Rian Afriansyah
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Alamat            : Jl. Seruling Indah No. 68 Jakarta Pusat
Jabatan            : Staff Administrasi

Dengan ini saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa secara tidak sengaja saya telah salah memasukan tanggal pertemuan dengan kantor cabang yang berakibat pada tanggal tersebut berbenturan dengan jadwal kantor yang lainnya. Hal ini tentu saja membuat situasi yang kacau pada saat itu.

Atas nama pribadi saya bersedia bertanggung jawab kepada perusahaan ini. Besar harapan saya bapak Direktur dapat memaafkan kesalahan saya tersebut. Saya pun bersedia menerima sanksi atas kesalahan yang telah saya perbuat. Saya juga berjanji tidak akan mengulangi kesalahan ini lagi. Apabila saya kembali melakukan hal yang sama, maka saya bersedia dikeluarkan dari perusahaan ini.

Demikianlah surat pernyataan kesalahan ini saya buat dengan sebenar-benarnya supaya dapat dipertimbangkan dengan bijaksana oleh bapak Direktur. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


Jakarta, 15 Januari 2018


Hormat Saya

Materai 6000

Rian Afriansyah

Demikianlah ulasan kami mengenai surat pernyataan kesalahan yang baik dan benar. Semoga dapat membantu dan sampai berjumpa di ulasan kami yang berikutnya.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar