Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja - Contoh Formatnya sebagai berikut


Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja
Dalam dunia kerja, ada yang namanya surat lamaran pekerjaan. Surat ini merupakan surat yang paling umum ada di dunia kerja. Karena surat lamaran pekerjaan ini adalah salah satu persyaratan yang selalu diberikan oleh sebuah perusahaan, instansi, dan lain sebagainya kepada para calon karyawannya. Nah cara menyampaikan hasil seleksi atau jawaban untuk surat lamaran pekerjaan dalam setiap perusahaan dapat saja berbeda. Mungkin bisa via elepon, via email, dan yang paling baik adalah dengan menggunakan surat.

Dan kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara membuat surat penolakan lamaran kerja. Surat ini sendiri biasanya dikeluarkan oleh bagian personalia pada sebuah perusahaan. Surat ini diperlukan karena meskipun menolak lamaran pekerjaan seseorang, tentu saja ada hal yang perlu diperhatikan agar penolakan tersebut masih terkesan sopan.

Surat penolakan lamaran kerja ini merupakan surat resmi yang ditulis oleh sebuah perusahaan atau instansi tertentu yang berisi tentang balasan, pemberitahuan, atau konfirmasi bahwa lamaran kerja yang diajukan orang yang bersangkutan tersebut dinyatakan ditolak atau tidak diterima oleh perusahaan. Memang tidak semua perusahaan mengirimkan surat penolakan lamaran kerja kepada para pelamar yang tidak lolos. Kebanyakan perusahaan hanya memberikan pengumuman dalam sebuah surat yang dipublikasikan di situs tertentu ataupun ditempelkan pada papan pengumuman di perusahaan tersebut.

Cara membuat surat ini pun tak terlalu berbeda dengan surat-surat resmi lainnya. Yang membedakan surat penolakan lamaran kerja ini adalah hanya terletak pada isi pokok surat yang menjelaskan tentang penolakan lamaran kerja kepada seseorang. Perlu diingat bahwa dalam menulis surat ini, hendaknya pergunakan kata-kata yang sopan. Hal ini bertujuan agar tidak menyinggung sang pelamar.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan contoh mengenai surat penolakan lamaran kerja.

Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja

Contoh :
PT. ANGKASA RAYA
Jl. Pahlawan No. 125 Jakarta Selatan
Telp. xxxx xxxxxx Fax. xxxxxx
======================================================================

SURAT PENOLAKAN LAMARAN KERJA
Nomor : 06689/HRD-AR/VI/2017

Kepada Yth:
Dona Sepriani, Amd.
Jl. Reformasi No. 92
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Dengan ini kami beritahukan, bahwa kami sudah menerima surat lamaran kerja dari Saudari tertanggal 15 Juni 2017 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Staff Administrasi di PT. Angkasa Raya.

Namun dengan berat hati kami sampaikan, bahwa surat lamaran kerja saudara kami tolak dikarenakan ada beberapa hal yang masih berada dibawah standar kualifikasi yang kami butuhkan.

Demikian surat ini kami sampaikan, agar dapat dimaklumi dan semoga suatu saat nanti Saudari bisa bergabung dengan PT. Angkasa Raya.

Jakarta, 
15 Juni 2017 

Hormat Kami,
PT. Angkasa Raya


(Dewo Suseno, S.Psi)
Manager Personalia



Demikianlah ulasan kami mengenai surat penolakan lamaran kerja. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan kami yang selanjutnya.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar