Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Ini Tips Membuat Surat Rekomendasi Kerja - Contoh Formatnya sebagai berikut
Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan tentu saja dibutuhkan banyak hal sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan tempat anda melamar. Selain persyaratan dari perusahaan tersebut yang harus anda bawa ketika melamar pekerjaan, anda juga dapat menyertakan beberapa surat pengalaman kerja, berbagai sertifikat, ataupun surat rekomendasi kerja dari perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.
Surat rekomendasi kerja sendiri adalah surat yang dikeluarkan oleh CEO atau kepala dari suatu perusahaan untuk merekomendasikan mantan karyawan atau staf di tempat dimana orang tersebut melamar pekerjaan yang baru. Surat ini merupakan salah satu surat resmi dalam sebuah perusahaan. Fungsinya sendiri yatu untuk mempermudah mantan karyawan atau staf tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Surat rekomendasi kerja ini biasanya berisikan beberapa keterangan positif dari karyawan yang bersangkutan mengenai pekerjaan dan prestasinya selama bekerja di perusahaan yang lama.
Dalam menulis surat rekomendasi kerja, ada beberapa hal pokok yang harus dicantumkan. Beberapa hal tersebut adalah :
- Maksud dan tujuan diterbitkannya surat rekomendasi kerja tersebut.
- Jabatan atau posisi pihak yang memberikan rekomendasi.
- Poin-poin yang menjadi kelebihan atau nilai tambah dari orang yang diberikan rekomendasi.
Tak hanya dapat dikeluarkan oleh perusahaan, surat rekomendasi ini juga dapat dikeluarkan oleh pihak kampus untuk mahasiswanya yang memiliki prestasi yang baik di kampus. Surat rekomendasi dari kampus seperti ini nampaknya menjadi modal terbaik untuk anda para mahasiswa yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan.
Dan berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat rekomendasi kerja yang baik dan benar.
1. Surat Rekomendasi Kerja Dari Perusahaan
PT CITRA KARYAJln. Reformasi No. 25 JakartaTelp. 123456 Fax. 789526======================================================================No: 035/HRD/SRK/V/2017Kami yang bertandatangan di bawah ini:Nama : Muhammad KhalidNomer Induk Karyawan : 689523Jabatan : Kepala Personalia (HRD)Bertindak dalam hal ini atas nama PT Citra KaryaMemberikan rekomendasi kepada mantan karyawan (staff) kami :Nama : Nina MaulidaAlamat : Jln. Perjuangan No. 96 JakartaKepada perusahaan tempat Saudari Nina Maulida bekerja nanti. Surat rekomendasi kerja ini kami keluarkan dengan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisiplinan, kualitas, serta loyalitas Nina Maulida selama 6 tahun bekerja di PT Citra Karya dengan jabatan terakhir sebagai Manager Keuangan.Kami sangat yakin bahwa Saudari Nina Maulida akan tetap memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat Saudari Nina Maulida bekerja nantinya.Demikian surat rekomendasi kerja ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.Jakarta, 14 Juli 2017Hormat kami,
Muhammad KhalidKepala Personalia
2. Surat Rekomendasi Kerja Dari Kampus
UNIVERSITAS GENERASI INDONESIAJalan Pramuka Raya, Jakarta SelatanTelp. 2359862 Fax. 2358548======================================================================SURAT REKOMENDASI KERJAYang bertanda tangan di bawah ini Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Generasi Indonesia memberikan rekomendasi kepada :Nama : Denis Setiawan, SETempat / Tanggal Lahir : Medan / 25 Oktober 1993Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi ManajemenAlamat : Jln. Lentera No. 25 JakartaUntuk bekerja dalam Program Motivasi Peningkatan Ekonomi Masyarakat . Hal ini kami lakukan karena selama pengamatan kami di kampus, Saudara Denis Setiawan sangat aktif di berbagai kegiatan dan memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi. Selain itu, prestasi beliau selama menempuh pendidikan di kampus sangat baik dengan nilai yang memuaskan.Kami yakin Saudara Denis Setiawan dapat bekerja dengan baik dalam program ini.Demikian surat rekomendasi ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.Jakarta, 20 Juni 2017Dekan Fak. EkonomiProf. Dr. H. Mulyadi Anwar
Demikian Penjelasan tentang Ini Tips Membuat Surat Rekomendasi Kerja - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar