Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Cara Membuat Surat Edaran Umum - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Cara Membuat Surat Edaran Umum - Contoh Formatnya sebagai berikut


Halo sobat yang setia mengunjungi blog ini, tetap seperti biasa kami masih setia memberikan tips atau cara membuat berbagai macam jenis surat. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagi cara membuat surat edaran umum yang mungkin diantara kalian belum memahami fungsi atau cara membuatnya.

Ya surat edaran umum tentunya tidak asing lagi bagi sahabat tapi tidak menutup kemungkinan juga masih ada yang terdengar asing. Nah bagi yang sudah mengetahui jenis surat edaran ini mungkin sudah pernah membacanya. Di artikel pada kesempatan kali kami akan mencoba memberikan contoh surat edaran ini.

Namun sebelum kami memberikan contohnya sedikit kami jelaskan kembali apa itu surat edarana?. Ya surat edaran adalah surat pemberitahuan resmi yang akan diedarkan secara media tertulis. Surat edar tentunya berisi pemberitahuan tentang suatu hal atau ketentuan yang perlu ditaati.

Banyak sekali contoh surat edaran umum ini, seperti surat edaran dari pemerintahan misalnya surat edaran tentang hari raya nashional, surat edaran untuk melakukan sensus, pemilu dan hal penting lainnya. Selain itu ada juga surat edaran dari Instansi perusaahan. Misalnya surat edaran untuk seluruh karyawan, surat edaran rector ke seluruh dosal, kepala sekolah ke guru-guru dan lain sebagainya.

Melihat dari fungsinya sebenarnya kalian sudah bisa memahami fungsi dari surat edaran ini. Untuk lebih jelasnya kembali bahas pada artikel ini. Fungsi dari surat edaran ini adalah untuk memberitahukan berbagai informasi penting atau pemberitahuan yang sifatnya tidak rahasia dan ditujukan kepada orang lain.

Nah langsung untuk membuat surat edaran ini maka kalian harus tahu terlebih dahulu bagian-bagian yang harus kalian buat, seperti dibawah ini :

1. Bagian Kepala Surat
Kepala surat ini tentu meliputi kop surat termasuk ada logo atau nama dan alamat organisasi tersebut. kemudian ada hal atau perihal serta alamat yang dituju. Jangan lupa dibagian kanan ditulis juga tanggal kapan surat ini diterbitkan.

2. Bagian Isi Surat

Bagian ini berisi tentang informasi pemberitahuan atau sebuah pengumuman bagi pembaca. Isilah pemberitahuan yang jelas tidak bertele-tele yang ditujukan untuk orang banyak. Ingat bagian isi ini juga terdapat 3 bagian lagi, yaitu pendahuluan atau pembuka, isi pokok surat dan penutup.

3. Kaki Surat.

Setelah isi surat ditutup  dengan penutup maka selanjutnya lanjutkan dengan kaki surat, seperti diisi nama pengirim, tanda tangan lengkap dengan NIP/NRP serta stempel lembaga atau instansi dan bila tambahkan tembusannya untuk memperkuat isi surat.

Sebatas ini kami anggap kalian sudah memahami bagaimana format surat edaran. Kalau belum paham betul coba kalian lihat contoh surat edaran umum dibawah ini.

PEMERINTAH KOTA PRABUMULIH
KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR
Jln. R.A Kartini, Telepon (0713) 38*****
======================================================================
Prabumulih, 12 Desember 2016
Nomor   : 23/KR/2016
Sifat     : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama
Yth. Ketua RW 03, 04, 05 dan 06
Kelurahan Prabu Jaya
Di Prabumulih
Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kebersihan Kota Prabumulih Nomor: 23/2.654 pada tanggal 12 Desember 2016 mengenai hal Jadwal Pembersihan Kampung demi menjaga kebersihan dan kesehatan kampung, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus RW supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada:
Hari      : Jum'at
Tanggal : 16 Desember 2016
Waktu  : Pukul  08.00 s/d Selesai
Tempat : Lingkungan masing-masing RW
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama bapak kami ucapkan terimakasih.
Lurah Prabu Jaya

Ruri Zazili, S.Kom
NIP 20292828828
Tembusan:
1. Wali Kota Prabumulih
2. Camat Prabumulih Timur
3. Ka. Kebersihan Kota Prabumulih
4. Puskesmas Kec. Prabumulih Timur
Demikianlah contoh surat edaran umum yang dapat kami sampaikan kepada anda, masih banyak lagi contoh surat edaran umu dari Instansi Pemerintahan, Perusahaan atau lembaga yang cara penulisan sama seperti contoh diatas kecuali pada Perihal, Isi, Jadwal dan juga tembusan. Semoga bermanfaat.


Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Cara Membuat Surat Edaran Umum - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Cara Membuat Surat Edaran Umum - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar