Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Cara Membuat Surat Permohonan Mutasi Kerja - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Cara Membuat Surat Permohonan Mutasi Kerja - Contoh Formatnya sebagai berikut


Cara Membuat Surat Permohonan Mutasi Kerja
Saat ditugaskan untuk bekerja di suatu tempat, ada kemungkinanan anda kurang nyaman berada di tempat tersebut. Bisa jadi salah satu faktornya adalah karena jarak tempuh anda untuk sampai ke tempat tersebut sangat jauh dari tempat anda tinggal. Namun karena hal tersebut merupakan resiko dari pekerjaan yang sebelumnya sudah anda setujui, maka anda terpaksa menjalaninya. Terlebih jika anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun tak hanya PNS, karyawan swasta pun dapat mengalami hal ini.

Akan tetapi dalam sebuaah instansi biasanya ada yang namanya permohonan pemindahan tugas kerja. Hal ini biasa disebut sebagai permohonan mutasi kerja. Dan untuk dapat melakukannya, anda tentu saja harus mengajukan surat permohonan mutasi kerja yang menjadi salah satu syarat agar anda bisa berpindah tugas.

Sebelum membuat membuat surat permohonan mutasi kerja, ada baiknya anda mengetahui apa itu surat mutasi kerja. Surat mutasi kerja adalah surat yang dibuat dan digunakan oleh seorang pekerja baik swasta maupun Pegawai Negeri Sipil, yang bertujuan untuk  memohon agar dipindah tugaskan. Untuk membuat surat permohonan mutasi kerja yang baik dan benar, anda memerlukan beberapa persyaratan yang merupakan kelengkapan berkas yang akan dilampirkan nantinnya.

Berikut ini adalah persyaratan dalam membuat surat permohonan mutasi kerja.

- Syarat Umum atau Syarat Wajib

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK pindah suami (bagi istri yang mengajukan mutasi karena alasan ikut suami)
  3. Fotocopy SK terakhir
  4. Fotocopy DP 3 (dua tahun terakhir)
  5. Fotocopy kartu pegawai (Karpeg)
- Syarat Khusus atau Syarat dalam dan antar Pemda
  1. Surat rekomendasi atasan tempat dituju
  2. Surat rekomendasi atasan (izin pindah dari atasan)
  3. Surat Pernyataan Pimpinan Perangkat Daerah tentang tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat
- Rekomendasi
  1. Fotocopy surat permohonan pindah jika ada yang diajak barter atau tukar tempat tugas
  2. Fotocopy absen manual (minimal 2 bulan terkahir)
Itu merupakan syarat yang harus anda penuhi dalam mengajukan surat permohonan mutasi kerja. Persyaratan diatas juga bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan atau instansi tempat anda bekerja untuk mengabulkan permohonan anda.

Dalam penulisan surat permohonan mutasi tersebut, hendaknya anda menuliskan dengan bahasa yang sopan, cara penulisan yang baik dan benar, singkat, padat, dan jelas. Selain itu sertakan pula alasan anda yang logis, tepat, dan masuk akal mengenai permohonan anda agar dipindah tugaskan. Berikan pula jaminan bahwa anda akan bekerja lebih maksimal jika anda bekerja di tempat yang baru. 

Cara Membuat Surat Permohonan Mutasi Kerja
Berikut ini kami akan berikan sebuah contoh surat permohonan mutasi kerja :

Malang, 26 Februari 2017

Kepada Yth, 
Bupati Malang
Cq. Kepala Badan Kepegawaian
Di-
       Kota Malang

Perihal : Permohonan Pindah Tugas

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                       : Nina Sulistina, S.pd
NIP                         : 65982357469
TTL                        : Jakarta, 19 November 1980
Pendidikan Terkahir  : S1 Universitas Indonesia 
Pangkat/ Gol. Ruang : Penata Muda I/III A.
Unit Kerja                : SMA N 1 Malang

Bersama surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pindah tugas kerja dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang ke Pemerintah Kabupaten Lamongan. Adapun alasan dan tujuan kepindahan saya ini adalah untuk mendekatkan diri dengan keluarga (suami dan anak) yang akan segera pindah ke Lamongan lantaran suami saya dipindah tugaskan ke daerah Lamongan.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan :
  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK pindah suami
  3. Fotocopy SK terakhir
  4. Fotocopy DP 3 (dua tahun terakhir)
  5. Fotocopy kartu pegawai (Karpeg)
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Fotocopy Ijazah terakhir
Demikian surat permohonan ini saya buat, semoga Bapak bersedia mengabulkannya. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,



Nina Sulistina, S.pd
NIP. 65982357469

Demikianlah ulasan kami mengenai cara membuat surat permohonan mutasi kerja. Semoga bermanfaat.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Cara Membuat Surat Permohonan Mutasi Kerja - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Cara Membuat Surat Permohonan Mutasi Kerja - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar