Kumpulan format surat resmi [surat kuasa, surat undangan,surat kesepakatan,surat notaris,surat waris,dll.]

Ini Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja - Contoh Formatnya

Surat merupakan alat komunikasi yang mutlak dibutuhkan dalam setiap administrasi dokumentasi, terutama yang berhubungan dengan surat menyurat secara fromal atau resmi.
Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.

Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.

Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:


IIlustrasi Bagian Surat

Header atau Kepala Surat

Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:

  1. Nama
  2. Alamat lengkap
  3. Nomor kontak


Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.

Nomor - Perihal dan Tanggal

Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,
Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat

Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda

Salam Pembuka

Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat

Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:

  1. Jelas, singkat dan padat
  2. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup

Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Contoh Ini Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja - Contoh Formatnya sebagai berikut


Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
Seperti yang kita ketahui bahwa bekerja di sebuah perusahaan tentu saja memiliki tata cara dan prosedur tertentu yang harus dipatuhi. Hal ini juga berlaku saat anda meminta izin untuk tidak masuk kerja. Mungkin saja saat anda sakit ataupun saat adanya acara pribadi yang tidak dapat ditinggalkan. Nah untuk perusahaan besar biasanya meminta sebuah surat izin jika anda berniat untuk tidak masuk kerja atau pun cuti.

Namun terkadang masih banyak yang bingung bagaimana cara membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang baik. Sebab segala yang berkaitan dengan absen kerja juga termasuk hal yang sensitif. Bahkan ada pula yang terkadang takut untuk mengutarakan permohonan izin tersebut. Akan tetapi jangan khawatir, sebab dibawah ini kami akan memberikan tips untuk membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang baik dan benar.

Hal-hal yang harus anda perhatikan saat membuat surat permohonan tidak masuk kerja adalah sebagai berikut.
  1. Yang pertama adalah hendaknya di dalam surat tersebut anda menyebutkan identitas dan jabatan anda secara jelas agar atasan atau pimpinan anda mengetahui siapa yang meminta izin tersebut. Hal ini bertujuan agar selama anda izin tidak masuk kerja, pekerjaan yang semula dilakukan anda sementara waktu dapat dialihkan pada pekerja yang lainnya. Hal ini juga agar pimpinan anda mengenali anda yang meminta izin.
  2. Anda sebaiknya menyebutkan secara jelas dan tepat apa alasan yang membuat anda meminta izin tidak masuk kerja. Perlu anda perhatikan juga adalah alasan yang disebutkan harus benar-benar sesuai dengan keadaan yang terjadi, logis dan tidak dibuat-buat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika anda berbohong dengan alasan tersebut. Karena jika ketahuan bisa saja anda diberi izin libur selamanya alias dipecat. Menakutkan bukan?.
  3. Selanjutnya masih terkait dengan alasan tidak msuk kerja. Jika alasan anda tidak masuk kerja karena sakit, maka sebaiknya sertakan pula surat keterangan sakit dari dokter atau dari tempat anda berobat atau dirawat. Hal ini berguna sebagai tanda bukti bahwa anda memang benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Surat keterangan dokter juga dapat meyakinkan atasan anda perihal sakit yang anda alami. Dan biasanya dalam surat keterangan dokter juga akan disertakan berapa lama anda harus beristirahat. Hal ini bisa menjadi acuan bagi anda untuk berapa lama meminta izin.
    Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
  4. Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah anda juga perlu untuk menyampaikan waktu yang pasti berapa lama anda meminta izin tersebut. Setelah waktu izin berakhir, anda harus siap untuk masuk untuk bekerja kembali. Seperti yang sudah dikatakan tadi, jika anda sakit dan menyertakan surat keterangan dokter, maka biasanya akan ada berapa lama anda akan diminta beristirahat. Sedangkan jika anda tidak masuk kerja karena alasan lainnya, maka sebaiknya perkirakan berapa lama anda akan mengambil cuti. Salah satu tujuannya agar pimpinan anda memiliki acuan berapa lama pekerjaan anda akan dilimpahkan pada karyawan yang lain.
  5. Dan yang terakhir adalah gunakan lah kata-kata yang sopan, baik, dan tidak bertele-tele. Akan lebih baik jika surat anda disampaikan dengan lugas dan tepat sasaran.
Itulah beberapa tips membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang bisa kami sampaikan kepada anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga



Demikian Penjelasan tentang Ini Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja - Contoh Formatnya

0 komentar:

Posting Komentar