Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Ini Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Contoh Formatnya sebagai berikut
Tahap awal ketika ingin mencari sebuah pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran. Dari surat lamaran inilah akan sangat menentukan anda di terima atau tidak. Hampir semua pekerjaan membutuhkan surat lamaran. Entah itu di bank, instansi pemerintahan, perusahaan, perawat dan masih banyak lainnya. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat surat lamaran ini, tetapi banyak orang yang kurang paham dengan fungsi sebenarnya dari surat lamaran. Sehingga mereka membuat asal-asalan saja. Memang saat ini sudah banyak contoh surat lamaran, tapi masih banyak juga orang yang salah dalam membuatnya.
Ketika anda menyusun surat lamaran dengan benar, mungkin akan menjadi nilai plus anda nantinya. Jika di tulis dengan sebaik mungkin, akan memberikan kesan pertama yang menarik bagi perusahaan atau instansi yang anda tuju. Ketika anda menulisnya dengan asal saja, mungkin dari pihak HRD akan malas membaca surat lamaran anda atau bahkan tidak membacanya sama sekali. oleh karena itu membuat surat lamaran yang tersusun rapi dengan kata yang tepat sangatlah penting.
Format Surat Lamaran
Berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh surat lamaranyang bisa anda gunakan ketika melamar pekerjaan. Format ini merupakan format yang benar dan bisa menambah kesan pertama anda di perusahaan.
Contoh Surat Lamaran 1
Semarang, 21 Oktober 2015
Kepada Yth :
HRD PT REPUBLIK DIGITAL SOLUSINDO
Jl. Karanganyar No.29F, Semarang
Perihal : Lamaran kerja
Dengan Hormat
Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Harian Suara Merdeka Semarang perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Angga Fahturohman
Tempat,Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Mei 1991
Alamat : Jalan Rawa Lele No.29A, Jakarta
Telepon : 0896767876
sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama ini saya lampirkan pula berkas - berkas sebagai berikut :
1.Pas Photo Berwarna 3 x4 1 lembar.
2.Foto copy KTP 1 lembar
3.Curriculum Vitae 1 lembar
4.Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir 1 lembar
5.Foto copy Sertifikat Competensi
Demikian surat lamaran ini saya susun dan saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu saya sampaikan terimakasih.
Hormat saya,
Angga Fahturohman
Contoh Surat Lamaran 2
Kudus, 8 Juli 2015
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Girtandi Jaya Gloria
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Utara
Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Girtandi Jaya Gloria, seperti yang termuat di harian Koran Merdeka tanggal 6 Juli 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Girtandi Jaya Gloria.
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama: Ahmad Zulkifli
Tempat, Tanggal Lahir: Kudus, 16 April 1992
Usia: 23 tahun
Pendidikan Terakhir: STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal: Kelurahan Gede Bage, Kota Kudus
Domisili: Jl. Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Kudus
Telepon: 081234567841
Email: ahmadzul@gmail.com
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Ahmad Zulkifli
Format surat lamaran diatas cukup sederhana dan mudah untuk di praktekan. Tak perlu kata-kata yang bertele-tele. Lebih baik menggunakan kata yang sederhana tetapi mudah untuk di pahami. Selain itu masukan semua spesifikasi yang anda punya. Ini akan memberikan nilai lebih anda nantinya. Tak perlu memasukan spesifikasi yang kiranya tak berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Jika di suruh untuk tulis tangan, tulislah yang rapi dan jangan terlalu banyak coretan. Tetapi saat ini sebagian besar sudah menggunakan ketikan computer.
Menyusun Surat Lamaran
Walaupun menggunakan ketikan computer, tulisan dengan format Microsoft word yang benar. Nama terang juga jangan sampai di lupakan serta kontak yang bisa dihubungi. Demikian contoh surat lamaran yang bisa saya berikan. Semoga bisa memberikan informasi bagi anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Dengan adanya contoh ini, membuat anda lebih mudah untuk di terima sebagai karyawan di perusahaan atau instansi yang anda inginkan.
Demikian Penjelasan tentang Ini Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar