Karena kategori surat sendiri digolongkan menjadi dua macam yaitu
surat remi dan surat tidak resmi.
Surat resmi atau surat formal sendiri memerlukan aturan atau standar baku yang harus dipenuhi dalam pembuatannnya. Dan standar yang utama adalah harus menggunakan EYD yang telah disempurnakan dengan bahasa Indonesia yang baik dan bernar. Menganai aturan yang mendasar itu tergantung dari tiap instalasi itu sendiri , mungkin antara yang satu dan yang lain berbeda.Tergantung dari kebutuhan dan tujuan serta sasaran yang akan diterima.
Bagian-Bagian Dalam Pembuatan Surat Resmi:
IIlustrasi Bagian Surat |
Header atau Kepala Surat Gunanya untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Tidak hanya itu, bisa juga untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Header atau Kepala surat berisi informasi penting dari si pengirim yaitu:
- Nama
- Alamat lengkap
- Nomor kontak
Bagian informasi-informasi disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui.
Nomor - Perihal dan Tanggal
Nomor surat : Digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan,Kode surat : Merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat.
Perihal surat : Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.
Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.
Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :1.Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
2.Petunjuk arsip dalam menyimpan surat
3.Mempermudah petugas pos
4.Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:- Jelas, singkat dan padat
- Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
- Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.Contoh Ini Contoh Surat Dinas Untuk Sebuah Instansi Pemerintahan - Contoh Formatnya sebagai berikut
Ketika mendengar kata dinas, pasti akan berhubungan dengan instansi pemerintahan. Entah itu sekolah, dinas-dinas tertentu bahkan sampai kementerian. Begitu juga dengan contoh surat dinas. Surat dinas tertentunya berhubungan dengan sebuah instansi pemerintahan. Biasanya bertujuan untuk menerangkan suatu hal, pemberitahuan atau meminta sebuah izin. Misalnya untuk memberikan informasi ke dinas atau organisasi lainnya. Hal ini harus dilakukan dengan pemberitahuan surat. Ini tertulis secara pasti di peraturan sebuah organisasi. Jadi tak hanya diberitahukan melalui sms atau email saja.
Buat kalian yang sudah pernah mengikuti kegiatan osis di sekolah atau organisasi lain di kampus, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya surat dinas. Ketika ada sebuah kegiatan, sebuah organisasi harus mengeluarkan sebuah surat dinas kepada instansi terkait. Perbedaan surat dinas dengan jenis surat lainnya adalah pada bagian kepala surat dan juga nomor surat. Untuk surat dinas harus selalu ada kepala surat dan nomor surat. Nomor surat biasanya berisi tanggal dikeluarkan surat tersebut, kode organisasi, nomor dari surat dan tahun surat dikeluarkan. Sebelum surat ini keluarkan, nomor surat tersebut akan di tulis sebagai administrasi dari organisasi tersebut.
Jenis Surat Dinas
Berikut ini saya akan berikan beberapa contoh surat dinasdari sebuah organisasi. Ada surat dinas sekolah, surat pemberitahuan organisasi dan masih banyak lainnya. Semoga ini bisa menjadi contoh yang anda gunakan untuk membuat surat dinas.
Contoh Surat Dinas Pengumuman
Kementerian Pendidikan Nasional
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
JL. Dr. Hamka Air Tawar SEMARANG 25131 Telp. (0751) 7051260
PENGUMUMAN REKTOR
No : 866/H35/AK/2010
Diumumkan kepada calon mahasiswa baru melalui Jalur Prestasi Fakultas Teknik UNP tahun akademik 2010/2011 yang dinyatakan lulus dan diterima agar melapor pada Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK UNP pada:
Hari/Tanggal : Rabu /16 Juni 2010
Jam : 08.00 – 12.00 wib
Tempat : Kantor Registrasi dan Statistik BAAK UNP Air Tawar SEMARANG
Dengan membawa persyaratan sebagai berikut:
Tanda peserta seleksi Jalur Prestasi Fakultas Teknik
Membayar SPP di seluruh cabang Bank Jawa Tengah
Cek kesehatan di Poliklinik kampus UMS
Menyerahkan semua paket registrasi ke petugas loket pendaftaran
Demikian pengumuman ini untuk dapat dimaklumi, terima kasih.
SEMARANG, 28 April 2015
Rektor,
Prof. Dr. Z. Abdul Zulfikar, M.Pd
Contoh Surat Dinas Penting
Jakarta, 4 September 2014
No : 27/N11.8.4/DIN/KP/1.2014
Lampiran : 2 (dua) Lembar
Kepada Yth.
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Raya Gatot Subroto No. 07 Jakarta
Banyumas – Jawa Tengah
Hal : Tindak Lanjut Workshop
Menindaklanjuti pembicaraan dengan PT. MAJU MUNDUR beberapa waktu lalu mengenai gagasan Workshop bersama, maka dengan surat ini kami mengajukan permintaan tindak lanjut Workshop bersama tersebut.
Adapun rencana jumlah peserta Workshop dari Udar – Ider Corp sebanyak 4 orang, dengan materi dasar pembuatan animasi flash yang bertempat di Plant PT. MAJU MUNDUR. Untuk itu kami mohon konfirmasi lebih lanjut mengenai total biaya serta teknis pelaksanaan penyelenggaraan Workshop bersama ini.
Informasi lebih lanjut kami lampirkan proposal pengajuan Workshop.
Konfirmasi dari PT. MAJU MUNDUR sangat kami harapkan. Atas perhatiaanya kami ucapkan terima kasih.
a.n. Direktur Utama,
Ka. Unit Pengembangan dan Kerjasama
Bagas Setioso
NRP 190940
Tembusan :
– Direktur Utama (Sebagai Laporan)
– Departemen Keuangan
– Departemen SDM
Format Contoh Surat Dinas
Beberapa contoh surat yang saya sebutkan merupakan format surat dinas yang sering digunakan di berbagai instansi. Formatnya harus berurutan. Ada kepala surat, nomor surat, lampiran surat, perihal, pembuka, isi, penutup dan pengesahan. Untuk isinya harus ada tanggal, waktu dan maksud yang ingin disampaikan. Semua itu harus tersusun dengan rapi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena ini surat dinas harus menggunakan penyusunan kata yang baku dan tidak boleh asal-asalan. Penggunaan format microsfot wordnya juga harus benar.
Baca Juga : Inilah Contoh Surat Resmi Untuk Sebuah Instansi
Sekarang anda sudah tahu bagaimana menulis surat dinas yang baik dan benar. Semoga yang saya tuliskan diatas bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. jangan takut untuk belajar suatu hal termasuk belajar menulis surat. Mungkin ini akan berguna nantinya. Demikian artikel kali ini, semoga contoh diatas bisa anda gunakan sebagai acuan ketika menulis sebuah contoh surat dinas.
Demikian Penjelasan tentang Ini Contoh Surat Dinas Untuk Sebuah Instansi Pemerintahan - Contoh Formatnya , semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya untuk bahan atau alat dalam menulis surat. Dan semoga artikel tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Jika ada kesalahan di dalamnya kami selaku admin minta masukannya , untuk perbaikan kedepannya dan sialhkan untuk tulis komentar dibawah ini salam, dan trimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar